Berdirinya Lembaga Penjaminan Mutu (LPMUTU) AKPER Pemkab Purworejo ini disebabkan berbagai pertimbangan antara lain:

  1. Masyarakat saat ini sudah kritis terhadap mutu produk dan mutu pelayanan yang ditawarkan oleh Institusi-institusi Pendidikan Tinggi.
  2. Kompetisi menjadi hal yang harus diterima oleh Perguruan Tinggi – Perguruan Tinggi, memicu dan memaksa perguruan tinggi untuk meningkatkan mutunya.
  3. Karena itu peningkatan mutu yang dikelola dalam sistem penjaminan mutu (quality assurances) sudah menjadi keharusan, karena menyangkut survival dari perguruan tinggi.
  4. Ditjen Dikti Depdiknas RI telah mendorong terselenggaranya proses penjaminan mutu di perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia.

Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi ialah kegiatan penetapan dan pemenuhan standar yang melampaui SNP secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, serta pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Lembaga Penjaminan Mutu adalah unsur pelaksana akademik tingkat institusi yang berfungsi membantu Direktur dalam melaksanakan penjaminan mutu. Lembaga Penjaminan Mutu dipimpin seorang Ketua Lembaga yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dalam melaksanakan fungsinya mempunyai tugas pokok melaksanakan pengembangan standar mutu dan audit di bidang akademik dan non akademik.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka dibentuklah Lembaga Penjaminan Mutu AKPER Pemkab Purworejo dengan Surat Keputusan Direktur Nomor ……..Tertanggal …….tahun …… Tentang Lembaga Penjaminan Mutu AKPER Pemkab Purworejo. Dan susunan pengurus sebagai berikut :

  1. Ketua :  Ahkhmad Muzaki, S.Kep,.Ns
  2. Sekretaris : Nurja
  3. Anggota :

Adapun sekretariat LPMUTU AKPER Pemkab Purworejo terletak di Kampus AKPER Pemkab Purworejo

Demikian sekilas profil tentang Lembaga Penjaminan Mutu (LPMutu) AKPER Pemkab Purworejo yang berjuang untuk kepentingan AKPER Pemkab Purworejo, Stakeholders, dan Pemerintah, serta pengembangan IMTAQ dan IPTEKS.